Rabu, 10 Oktober 2012

Pengenalan Delphi

0 komentar
          Teknik Informatika. Siapa anak teknik yang tidak tahu dengan pemrogaman Delphi kebiasaan yang dilakukan anak ICT atau TI, IT yaitu menggeluti sebuah laptop yang berisikan Pemrogaman, sehingga anak IT mau tidak mau harus menggeluti laptop dan tidak boleh luput dengan yang namanya Laptop. Dari semester satu di semua jurusan TI atau yang biasanya di sebut bidang IT pasti dikenalkan apa yang dinamakan Pemrogaman Delphi.
         
                           @copyright 12650047-imk.blogspot.com
          Delphi adalah Suatu bahasa pemrogaman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrogaman Visual Basic (VB). Namun, delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan Pascal ( yang sering disebut Object Pasca ). Sehingga lebih mudah Untuk digunakan. Bahasa Pemrogaman Delphi dikembangkan oleh Code Gear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero. Divisi tersebut awalnya milik borland, sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi.

          Delphi menggunakan konsep yang berorientasi objek (OOP), maksudnya pemrogaman yang membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya. Hal itu bisas dilakukan dengan cara mendesign object untuk menyelesaikan masalah. OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu : Encapsulation (pemodelan), Inheritenc( Penurunan), Polymorphism ( Polimorfisme ). dan sesungguhnya bahasa pemrogaman Delphi hanya bisa digunakan di Microsoft Windows, namun saat ini telah dikembangkan sehingga digunakan juga di Linux dan Microsoft.NET. 

          Umumnya, Delphi digunakan untuk pengembangan aplikasi dekstop, enterprise berbasis database dan progam - progam kecil. Namun karena pengembangan Delphi yang semakin pesat dan bersifat general purpose bahsa pemrogaman ini mampu digunakan untuk berbagai jenis pengembangan software. Dan Delphi disebut juga pelopor perkembangan RadTool ( Rapid Aplication Devolepment) pada tahun 1995. Sehingga banyak orang yang mulai mengenal dan menyuai bahasa pemrogaman yang bersifat VCL ( Visual Component Library ).



         Belajar Delphi sesungguhnya tidak sulit. Hanya kita yang harus menekuni biar tidak kesulitan dalam mengerjakan Delphi.

Sumber : http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2010/08/pengertian-delphi.html           

Leave a Reply

Labels