Senin, 15 Oktober 2012

Ragam - Ragam Budaya Nusantara

0 komentar


Kita ketahui bersama kebudayaan di Indonesia sangat beragam. Yang telah lama tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Hal ini menjadikan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat berbudaya. Hal itu tercermin dari sikap dan perilaku masyarakat itu sendiri.

Di Indonesai berkembang berbagai macam ragam kebudayaan. Hal itu terjadi karena Indonesia merupakan kumpulan dari berbagai suku-suku kebudayaan yang memiliki ciri khas masing-masing dan terbentang dari sabang sampai merauke. Yang menawarkan berbagai macam pengetahuan dan keindahan. Dan sangat layak untuk dikaji dan diteliti.

Karena masyarakat Indonesia yang beragam, hal itu menjadikan masyarakat Indonesia kaya akan berbagai macam kebudayaan yang terwujud dalam bentuk, diantaranya rumah adat, tari, puisi, masakan, pantun, musik, sastra dan tulisan, dan film

Tapi dengan adanya begitu banyaknya kebudayaan di Indonesia menjadikan Indonesia gudang budaya. Yang terdapat bigitu banyak budaya yang dapat dikembangkan dan dilestarikan. Tapi itu tak menjadikan aman dan selamatnya budaya Indonesia, banyak budaya Indonesia yang dicuri atau diakui oleh bangsa lain



Analisa

Pada pembahasan kali ini dapat di analisa bahwa masalah yang sering terjadi dalam kebudayaan kita adalah seringnya negara lain mencomohkan kebudayaan kita. Kita ketahui bersama bangsa Indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang merupakan warisan dari para leluhur bangsa dan merupakan identitas bagi bangsa ini, tapi karena tidak menghargai budaya sendiri bisa terjadi. Padahal Negara lain sangat menghargai dan ingin memilikinya.

Dewasa ini para generasi penerus semakin tidak menghargai budayanya, hal itu terbukti dari sedikitnya penerus budaya daerah dan lebih condong ke budaya bangsa lain. Dan ditambah lagi oleh pernyataan petinggi Negara yang menghina salah satu kebudayaan daerah, lengkap sudah bukti tidak dihargainya budaya daerah di negeri ini.

Bila hal ini terus terjadi sangat tidak menutup kemungkinan bangsa ini akan kehilangan budayanya dan  budaya itu akan berpindah ke Negara lain karena Negara lain lebih menghargainya dan mengapresiasinya. Sedang di Negara sendiri dilupakan.

Tingkat ketidak pedulian akan budaya sendiri semakin besar, yang juga disebabkan oleh besarnya pengaruh budaya dari barat yang masuk kedalam bangsa ini. Yang menjadikan budaya sendiri tergeser ke tepi dan tak terurus. Hal itu memberikan kesempatan bagi Negara lain untuk mengklaim budaya bangsa ini.

Banyak budaya indonesia yang di ambil oleh negara luar, seperti :

1. Tari Tor -Tor
2. Reog Ponorogo
3. Batik , dan masih banyak sekali kebudayaan lain yag di Kleim oleh negara lain

Semuanya itu telah di Kleim atau di contoh oleh negara lain sehingga budaya indonesia lemah akan kebudayaan. sehingga masyarakat indonesia atau sebagai mahasiswa hendaknya selalu aktif dalam mengembangkan kebuadayaan yang ada di indonesia ini.

Download Ppt :  Kelompok lima
Sumber          :  http://www.ubaya.ac.id/ubaya/

Leave a Reply

Labels