Jumat, 14 Desember 2012

Aspek Ergonomic Dalam IMK

0 komentar
Pengertian Ergonomic :
  •  Suatu bidang studi yang mencari atau menangani desain peralatan dan tugas - tugas yang cocok dengan kapabilitas manusia dan limitnya.
  •  Faktor yang membat kenyamanan kerja.
  • Harus bisa memahami seluruh keadaan manusia, baik dari segi anatomi, fisiologi, psikologi, enginering, manajeman dan desain / perangcangan desain tugas yang berguna.
  • Aturan kebijakan dalam bekerja.
  • Ramah penggunaan disegala tempat dan bidang.
  • Seorang pekerja yang mengoperasikan banyak peralatan, namun dapat dijangkau dengan mudah.
Keuntungan  :
  • Lebih baik dalam mengerjakan tugas.
  • Lebih sehat.
  • Mningkatkan kepuasan kerja.
  • Lebih produktif.
Prinsip - Prinsip Ergonomic :
  • Prinsip Fisikal
  1. Jadikanlah sesuatu untuk mudah dijangkau.
  2. Bekerja dengan tinggi yang sesuai / Cocok.
  3. Bekerja dengan postur yang sesuai.
  4. Mengurangi tenaga yang berlebihan.
  5. meminimalkan kepenatan / keletihan. 
  6. Mengurangi pengulangan yang berlebihan.
  7. Memberikan jarak ruang dan akses.
  8. Meminimalkan contact strees.
  9. Memberikan mobilisasi dan merubah postur
  10. Menciptakan lingkungan yang tenang
    • Pencahayaan yang tenang
    • Temperatur yang tepat
    • Menahan getaran
     
  • Prinsip Kognitif
  1. Adanya standarisasi
  2. Membuat steorotip
  3. Menghubungkan aksi dengan presepsi
  4. Mempernmudah pemaparan suatu informasi.
  5. Menyajikan informasi pada level yang tepat secara detail.
  6. Memberikan image / gambaran yang jelas.
  7. membuat redudansi seperti warna yang berbeda, cetak tebal, miring dan Lain - lain.
  8. Membuat pola atau petterns.
  9. Memberikan stimulans yang bervariasisesuai dengan keadaan.
  10. memberikan umpan balik secara cepat.
 Pencahayaan
Tujuan :
  • Menghindarkan user dari cahaya terang langsung atau pemantulannya.
  • memperoleh keseimbangan antara kecerahan layar tampilan dan kecerahan yang ada didepan user.
  • Menghindari cahaya langsung atau pantulan yang langusng mengenai layar tampilan.
  • memberikan keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak menggunakan layar tampilan.

Sumber cahaya dapat diambil secara langsung maupun secara tidak langsung, pada umumnya secara langsung dapat diambil dari 1) Matahari masuk lewat jendela 2) Sumber lampu. dan yang tidak secara langsung yang dapat dipantulakan, misal 1) tembok atau partisi 2) langit langit rumah atau plafon 3) lantai rumah 4) bahan yang ada disekitar 5) bagian atas meja yang digunakan 6) pakaian yang digunakan oleh operator.

Suhu dan Kualitas Udara :
  • Komputer yang dihidupkan dalam waktu yang lama akan menghasilkan panas sehingga akan mempengaruhi suhu ruangan dimana komputer tersebut ditempatkan.
  • Panas yang berlebih ini akan berpengaruh secara negatif pada kinerja operator dan komputer.
  • Diperlukan untuk menetralisir suhu seperti AC atau kipas 
 Gangguan Suara :
  • Biasanya berasal dari AC, suara manusia, speaker dan lain - lain
  • akan nampak jika suara yang terjadi relatif besar bagi user.
  • Akibatnya : user akan merasa terganggu dan strees hingga kosentrasi menurun.
    Cara Mengatasi :
  • Menutup telingan denga rapt.
  • Memasag peredam suara.
Begitulah postingan terakhir, semoga bermanfaat terima kasih.

Download  

Leave a Reply

Labels