Tujuan Pembelajaran
- Gunakan proses pengembangan sistem yang diuraikan dalam bab ini dan model SI komponen dari Bab 1 sebagai pemecahan masalah kerangka kerja untuk membantu Anda mengajukan solusi sistem informasi untuk masalah bisnis sederhana.
- Jelaskan dan berikan contoh untuk menggambarkan bagaimana Anda dapat menggunakan setiap langkah dari sistem informasi siklus pengembangan untuk mengembangkan dan menerapkan sistem informasi bisnis.
Tujuan -nya :
- Jelaskan bagaimana prototyping dapat digunakan sebagai teknik yang efektif untuk meningkatkan proses pengembangan sistem untuk pengguna akhir dan IS spesialis.
- Memahami dasar-dasar manajemen proyek dan kepentingan mereka ke sistem pengembangan usaha yang sukses.
- Mengidentifikasi kegiatan yang terlibat dalam pelaksanaan sistem informasi baru.
Kasus - Kasus :
Kasus 1: Pengembangan In-House adalah Hidup dan Perangkat lunak proprietary dapat memberikan perusahaan keunggulan kompetitif Tapi pembangunan di-rumah tidak murah H & R Block, Morgan Stanley dan lain-lain masih memilih pembangunan di-rumah Kapan dan mengapa?
Kasus studi Pertanyaan
Jeff Brandmaier, wakil presiden senior dan CIO di H & R Block Inc, menjelaskan di-rumah aplikasi yang dikembangkan sebagai "hal-hal yang memberikan keunggulan kompetitif." Kenapa kau pikir dia merasa demikian?
Dapatkah organisasi modern menjadi kompetitif tanpa mengembangkan aplikasi yang di-rumah? Mengapa atau mengapa tidak? Kasus ini menunjukkan bahwa meskipun penggunaan vendor aplikasi, ada "masih banyak pekerjaan manual intensif yang terjadi dalam proses pembangunan." Mengapa Anda berpikir vendor aplikasi masih memerlukan pengembang di-rumah?
Dunia Internet Kegiatan Nyata
Meskipun semua liputan media mengenai hilangnya pekerjaan di IS / IT, masih ada kebutuhan yang kuat dan berkembang untuk pengembang di-rumah. Menggunakan Internet, Lihat jika Anda dapat menemukan contoh, di luar yang dibahas dalam kasus ini, perusahaan yang melakukan pengembangan mereka di-rumah. Apakah mereka menggunakan SDLC atau metode lain?
Real World Kelompok Kegiatan
Pembangunan di-rumah mahal, untuk memastikan. Namun banyak perusahaan percaya bahwa aplikasi inti mereka memerlukan perhatian pribadi oleh pengembang mereka. Dalam kelompok kecil, Membahas bagaimana suatu organisasi menentukan aplikasi apa yang harus dibeli dari vendor dan aplikasi apa yang harus mengembangkan in-house. Apa kriteria untuk membuat keputusan?
The Pendekatan Sistem
Sebuah teknik pemecahan masalah yang menggunakan orientasi sistem untuk mendefinisikan masalah dan peluang dan mengembangkan solusi yang tepat dan layak. Menganalisis masalah dan merumuskan solusi melibatkan kegiatan yang saling terkait berikut:
- Mengenali dan mendefinisikan masalah atau peluang menggunakan sistem berpikir
- Mengembangkan dan mengevaluasi solusi alternatif sistem
- Pilih solusi sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda
- Desain solusi sistem yang dipilih
- Melaksanakan dan mengevaluasi keberhasilan sistem yang dirancang
1. Melihat hutan dan pohon-pohon dalam situasi apapun
2. Melihat keterkaitan antara sistem daripada rantai sebab-akibat linier kapan peristiwa terjadi
3. Melihat proses perubahan antara sistem daripada snapshot diskrit perubahan, setiap kali terjadi perubahan
Lihat sistem dalam situasi apapun:
Menemukan komponen input, proses, output, umpan balik dan kontrol
Sistem Berpikir
Contoh :
Sistem Analisis dan Desain SA & D
Keseluruhan proses dimana IS dirancang dan diimplementasikan dalam organisasi. Dua pendekatan yang paling umum untuk SA & D. Analisis berorientasi objek dan desain.
Siklus Hidup Pengembangan Sistem
Pengembangan Sistem Siklus Hidup (SDLC)
Sistem Tahap Investigasi.
- Apakah kita memiliki peluang bisnis?
- Apa prioritas bisnis kita?
- Bagaimana teknologi informasi menyediakan sistem informasi solusi yang membahas prioritas bisnis kita?
- Sebuah studi awal di mana kebutuhan informasi dari calon pengguna
- Kebutuhan akan sumber daya, biaya, manfaat, dan kelayakan dari proyek yang diusulkan
ditentukan :
- Kelayakan Kategori
- Kelayakan Operasional
- Kelayakan Ekonomi
- Kelayakan Teknis
- Hukum / Politik Kelayakan
- Kelayakan Operasional
- Seberapa baik sistem yang diusulkan mendukung prioritas bisnis organisasi.
- memecahkan masalah diidentifikasi.
- cocok dalam struktur organisasi yang ada.
Kelayakan Ekonomi Menilai:
- Penghematan biaya
- Peningkatan pendapatan
- Persyaratan investasi menurun
- Peningkatan laba
- Biaya / analisis manfaat
- Biaya / Benefit Analysis
- Biaya vs Manfaat
Contoh: penurunan biaya operasi
- Biaya berwujud dan manfaat lebih sulit untuk memperkirakan
Contoh: meningkatkan layanan pelanggan
Kelayakan Teknis
Menentukan apakah perangkat keras yang handal dan perangkat lunak yang mampu memenuhi kebutuhan sistem yang diusulkan dapat diperoleh atau dikembangkan oleh bisnis dalam waktu yang diperlukan Perangkat keras, Perangkat lunak, dan Jaringan.
Faktor Kelayakan Manusia
-Menilai :
Karyawan, pelanggan, pemasok penerimaan
-Dukungan manajemen :
Orang yang tepat untuk berbagai peran baru atau yang direvisi
Hukum / Politik Kelayakan
- Menilai Paten atau hak cipta kemungkinan pelanggaran
- Software lisensi untuk sisi pengembang hanya
Pembatasan pemerintah
Perubahan struktur pelaporan yang ada.
Analisis Sistem
Sebuah studi mendalam tentang informasi pengguna akhir kebutuhan yang menghasilkan persyaratan fungsional yang digunakan sebagai dasar untuk desain sistem informasi baru
Analisis Sistem
Studi rinci :
- Kebutuhan informasi dari suatu perusahaan dan pengguna akhir.
- Kegiatan, sumber daya, dan produk dari satu atau lebih sistem informasi yang digunakan saat ini.
- Kemampuan sistem informasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan informasi dari pengguna dan stakeholder
- End user adalah anggota penting dari tim pengembangan
Studi organisasi termasuk:
- Struktur Manajemen
- Orang-orang
- Kegiatan Bisnis
- Sistem Lingkungan
- Sistem Informasi Terkini
- Dokumen masukan, pemrosesan, output, penyimpanan dan kontrol
Analisis logis
Pembangunan model logis dari sistem saat ini :
- Model logis
- Sebuah cetak biru apa sistem saat ini tidak
- Kebutuhan Fungsional Analisis dan Penetapan
- Menentukan kebutuhan informasi bisnis yang spesifik
- Menentukan jenis informasi setiap kegiatan usaha membutuhkan.
- Tentukan informasi memproses setiap aktivitas sistem diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Akhir kebutuhan informasi pengguna yang tidak terikat ke perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, data, dan orang-orang sumber daya yang pengguna akhir saat menggunakan atau mungkin digunakan dalam sistem baru
Apa sistem harus melakukan
Kategori Kebutuhan Fungsional :
- User Interface
- Pengolahan
- Penyimpanan
- Kontrol
Desain Sistem
Memodifikasi model logis sampai itu merupakan cetak biru untuk apa sistem baru akan melakukan
Desain fisik:
- Bagaimana sistem akan mencapai tujuannya
Pesatnya perkembangan dan pengujian model kerja digunakan dalam tahap desain terutama berguna ketika kebutuhan pengguna akhir sulit untuk menentukan prototyping Siklus Hidup. Prototyping dapat digunakan untuk sistem kecil dan besar, tetapi jika sistem besar, biasanya prototipe hanya bagian Berkembang dengan cepat memperbaiki sampai diterima.
User Interface Desain
Fokus pada mendukung interaksi antara pengguna akhir dan aplikasi berbasis komputer mereka
Sering prototipe user interface
Checklist untuk Corporate Website
Ingat pelanggan - website yang sukses dibangun semata-mata untuk pelanggan, tidak membuat wakil presiden perusahaan senang
Estetika - desain yang sukses menggabungkan grafis loading cepat dan palet warna yang sederhana untuk halaman yang mudah dibaca
Broadband Content - barang Web keren tidak dapat diakses oleh sebagian besar peselancar Web, jangan membuat fokus situs
Checklist untuk Corporate Website
- Mudah dinavigasi - pastikan itu mudah untuk mendapatkan dari satu bagian dari situs ke situs lainnya
- Searchability - pastikan untuk memiliki mesin pencari yang berguna
- Pertentangan - situs uji dengan sasaran web browser
- Formulir pendaftaran - formulir pendaftaran singkat adalah cara yang berguna untuk mengumpulkan data pelanggan
- Mati Link - pastikan untuk menyimpan link diperbarui
- Spesifikasi Sistem
- Memformalkan desain
- Metode antarmuka pengguna
- Produk
- Struktur database
- Pengolahan
- Prosedur pengendalian
- Spesifikasi hardware, software, jaringan, data, dan personil
- Akhir Pengembangan PenggunaSIprofesional memainkan peran konsultasi
- Pengguna akhir tidak / pengembangan aplikasi nya sendiri
Kontras dalam siklus kehidupan tradisional:
- Pengguna akhir adalah pelanggan
- SI profesi melakukan pengembangan
- Akhir Pengembangan Pengguna
- Mendorong Pengguna Akhir Web Development
- Mencari alat yang masuk akal
- Memacu kreatifitas
- Mengatur beberapa batasan
- Berikan tanggung jawab manajer
- Membuat pengguna nyaman
- Implementasi Keberhasilan atau Kegagalan
- Keberhasilan atau kegagalan ada di mata yang melihatnya
- Di Indiana University, implementasi ERP PeopleSoft
- Siswa Kiri tanpa akses ke bantuan keuangan yang dijanjikan
- Masalahnya adalah tidak dengan perangkat lunak
Apa masalahnya?
Kasus studi Pertanyaan
Seperti cerita apa pun, selalu ada dua sisi. Indiana University melihat masalah sebagai kejutan, pengamat luar melihat masalah sebagai diprediksi dan dicegah. Bagaimana menurut Anda? Kenapa? Apakah mungkin bahwa beberapa masalah pelaksanaan tidak dapat dengan mudah diramalkan atau dicegah? Berikan beberapa contoh.
Apa yang bisa Indiana University lakukan secara berbeda untuk mencegah acara ini disayangkan dari terjadi? Apakah ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka belajar dari pengalaman ini?
Dunia Internet Kegiatan Nyata
Dalam banyak kasus, kita cenderung mendengar tentang kegagalan implementasi yang lebih sering daripada keberhasilan implementasi. Menggunakan Internet,
Lihat jika Anda dapat menemukan beberapa contoh kisah sukses implementasi.
Mengapa mereka berhasil?
Real World Kelompok Kegiatan
- Proyek ini dijelaskan dalam kasus ini adalah contoh dari perangkat lunak penyebaran skala besar vendor perangkat lunak. Dalam kelompok kecil,
- Diskusikan perbedaan antara mengimplementasikan perangkat lunak yang disediakan vendor dan in-house software yang dikembangkan.
- Haruskah sebuah proyek di-rumah diimplementasikan berbeda dari vendor disediakan aplikasi? Mengapa atau mengapa tidak?
Sistem Implementasi
- Hardware dan perangkat lunak akuisisi
- Pengembangan perangkat lunak
- Pengujian program dan prosedur
- Konversi sumber data
- Alternatif Konversi
- Pendidikan dan pelatihan pengguna akhir dan spesialis yang akan mengoperasikan sistem baru
- Proses Pelaksanaan
- Manajemen Proyek
- TI dan manajer unit bisnis
- menegakkan rencana proyek yang mencakup
- tanggung jawab pekerjaan,
- garis waktu untuk tahap utama pembangunan, dan
- anggaran keuangan
Sebuah proyek Adalah seperangkat kegiatan dengan awal dan akhir yang jelas
Setiap proyek memiliki :
- Tujuan
- Tujuan
- Tugas
- Keterbatasan
Mengelola sebuah proyek
Untuk mengelola kebutuhan proyek:
- Proses
- Alat
- Teknik
- Memulai / mendefinisikan
- Sebutkan masalah / tujuan
- Identifikasi tujuan
- Sumber daya Aman
- Jelajahi biaya / manfaat dalam studi kelayakan
- Perencanaan
- Mengidentifikasi dan urutan kegiatan
- Mengidentifikasi "jalur kritis"
- Perkiraan waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk penyelesaian
- Tulis rencana proyek rinci
- Komit sumber daya untuk tugas-tugas tertentu
- Tambahkan sumber daya tambahan / personel jika diperlukan
- Memulai pekerjaan proyek
- Lima tahapan manajemen proyek
- Menetapkan kewajiban pelaporan
- Menciptakan alat pelaporan
- Bandingkan kemajuan aktual dengan dasar
- Memulai kontrol intervensi jika diperlukan
- Lima tahapan manajemen proyek
- Instal semua kiriman
- Finalisasi semua kewajiban / komitmen
- Bertemu dengan para pemangku kepentingan
- Sumber Rilis proyek
- Menerbitkan laporan akhir
- Mengevaluasi Hardware, perangkat lunak dan layanan
- Harus memperoleh perangkat keras, perangkat lunak
Perusahaan dapat meminta pemasok untuk mempresentasikan tawaran dan proposal mungkin mencetak produk yang berbeda.
Menentukan faktor evaluasi
- Tugasi setiap titik produk di masing-masing faktor
- Mungkin memerlukan tes benchmark
- Simulasikan pengolahan tugas dan mengevaluasi kinerja
- Hardware Evaluasi Faktor
- Prestasi
- Biaya
- Keandalan
- Kecocokan
- Teknologi
- Ergonomi
- Konektivitas
- Skalabilitas
- Perangkat lunak
- Mendukung
Software Evaluasi Faktor
- Kualitas
- Efisiensi
- Keluwesan
- Keamanan
- Konektivitas
- Pemeliharaan
- Dokumentasi
- Perangkat keras
Contoh SI Layanan
- Mengembangkan sebuah website perusahaan
- Instalasi atau konversi perangkat keras atau perangkat lunak
- Pelatihan karyawan
- Pemeliharaan perangkat keras
- Sistem integrasi
- Desain sistem
- Pemrograman Kontrak
- Jasa konsultasi
Layanan SI Faktor Evaluasi
- Prestasi
- Pengembangan Sistem
- Pemeliharaan
- Konversi
- Latihan
- Backup
- Aksesibilitas
- Posisi Bisnis
- Perangkat keras
- Perangkat lunak
Sistem Pengujian
- Pengujian dan debugging software
- Pengujian kinerja website
- Pengujian hardware baru
- Ulasan prototipe display, laporan dan output lainnya
- Konversi elemen data dari database lama ke database baru
- Mengoreksi data yang tidak benar
- Menyaring data yang tidak diinginkan
- Konsolidasi data dari beberapa database
- Pengorganisasian data ke subset data baru
Benar terorganisir dan data diformat adalah penyebab utama kegagalan dalam menerapkan sistem baru.
Dokumentasi
- Dokumentasi pengguna
Contoh layar entri data, form, laporan
- Dokumentasi sistem
Komunikasi antara orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan, menerapkan dan memelihara sistem
Penting dalam mendiagnosis kesalahan dan membuat perubahan
- Latihan: End user harus dilatih untuk mengoperasikan sistem baru
- Mendidik para manajer dan pengguna akhir dalam bagaimana teknologi baru dampak operasi bisnis perusahaan dan manajemen
Konversi dari penggunaan sistem ini untuk pengoperasian sistem baru
Tiga bentuk utama dari konversi
- Konversi Langsung
- Matikan sistem lama
- Hidupkan sistem baru Langsung adalah metode paling mahal
- Metode paling berisiko
Konversi Paralel
Sistem baru dan lama dijalankan secara bersamaan
sampai pengguna akhir dan koordinator proyek puas bahwa sistem baru berfungsi dengan benar
Risiko rendah
Metode biaya tertinggi: melakukan semua fungsi dengan kedua sistem
Konversi percontohan
- Ketika sistem baru dipasang di beberapa lokasi
- Konversikan ke sistem baru di lokasi tunggal
- Setelah selesai di lokasi percontohan,
- Mengevaluasi dan membuat perubahan yang diperlukan
- Konversi Bertahap
- Pendekatan inkremental konversi
- Membawa sistem baru sebagai serangkaian komponen fungsional
Menurunkan resiko
Membutuhkan waktu yang paling
Pemeliharaan sistem
Bug fix dan kesalahan logis: Corrective
- Adaptive: menambahkan fungsi baru untuk mengakomodasi perubahan dalam bisnis atau lingkungan
- Perfektif: meningkatkan kinerja
- Pencegahan: mengurangi kemungkinan kegagalan
- Pastikan sistem baru memenuhi tujuan bisnis
- Periodic review atau pemeriksaan
- Tantangan Implementasi
- Sistem baru melibatkan perubahan organisasi besar
- Mengelola perubahan
- Proses bisnis
- Struktur organisasi
- Peran manajerial
- Penugasan kerja
- Hubungan Stakeholder
- Perlawanan Pengguna
- Cara baru dalam melakukan sesuatu menghasilkan resistensi
- Kunci untuk memecahkan adalah
- Keterlibatan pengguna dalam perubahan organisasi dan pengembangan sistem baru
- Keterlibatan pengguna
- Pengguna akhir pada tim pengembangan sistem
- Kepemilikan pengguna akhir dari sistem baru
Alasan Perlawanan User untuk Sistem Manajemen Pengetahuan manajemen Perubahan Dimensi
Perubahan Manajemen :
- Libatkan orang sebanyak mungkin dalam perencanaan dan pengembangan aplikasi
- Membuat perubahan konstan merupakan bagian yang diharapkan dari budaya
- Beritahu semua orang sebanyak mungkin tentang segala sesuatu sesering mungkin
- Membuat liberal menggunakan insentif keuangan dan pengakuan
- Bekerja dalam budaya perusahaan, bukan di sekitarnya
- Proses Manajemen Perubahan
- Ada Nothing Like Proses Bagus
- Tidak derails proyek pengembangan TI lebih cepat daripada manajemen proyek ceroboh
- Proses manajemen adalah seni dan ilmu menciptakan dan terus meningkatkan proses mengembangkan dan memberikan sistem
- Praktek terbaik dalam manajemen proses:
- Industri praktek terbaik
- Dalam-perusahaan praktik terbaik
Kasus studi Pertanyaan
Apakah manajemen proses? Bagaimana cara berbeda dari manajemen proyek atau metodologi pengembangan tradisional seperti SDLC?
Apakah SDLC contoh manajemen proses yang baik?
Yang dimaksud dalam hal ini dengan kalimat:
"Menerapkan pendekatan standar untuk pengembangan sistem membantu staf yang berpengalaman dan karyawan baru untuk menjadi lebih produktif, karena mereka menghabiskan lebih sedikit waktu bertanya-tanya bagaimana melakukan sesuatu dan lebih banyak waktu melakukan hal itu?"
Dunia Internet Kegiatan Nyata
Kita tahu bahwa proyek yang baik dan manajemen proses adalah kunci untuk pengembangan sistem sukses dan pelaksanaan proyek. Menggunakan Internet,
Lihat jika Anda dapat menemukan contoh perusahaan yang berlangganan prinsip yang ditetapkan dalam kasus ini.
Apakah ada bukti yang menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut menyadari manfaat kompetitif sebagai hasilnya?
Real World Kelompok Kegiatan
- Kami membahas isu-isu yang berkaitan dengan ketahanan pemakaian, keterlibatan, dan manajemen perubahan dalam bab ini.
- Dalam kelompok
kecil, diskusikan bagaimana masalah ini berhubungan dengan manajemen proses yang baik.
Pendekatan manajemen perubahan spesifik apa saja yang terlibat dalam memastikan proses manajemen kualitas tinggi?
REFERENSI :
Syahdus Zaman, M.Kom