Sabtu, 20 April 2013

Mebuat Database dengan SQL Yog

0 komentar


          Hay friends sahabat blogger, saya akan sedikit share bagaimana cara membuat data bsae di SQLYOg, ini agak sederhana dan mungkin akan ribet, tapi bagi teman – teman bisa mencoba agar lebih tau, apa salahnya kalao kita belajar SQL yog :D didunia ini tidak ada yang bisa, pasti semuanya bisa :D .


          Oke langsung saja, sebelum membuat Database teman teman bisa men target apa saja yang di taget kan dalam pembuatan bahan data base, Lah iniah yang di sebut Table – Table yang ada di dalam data base, biar Database lebih jelas dan akurat.  semisal dalam transaksi apa saja yang di butuhkan. Itu lah yang dinamakan mentarget, tapi saya akan memberikan sebuah contoh targetnya, agar kalian bisa mengacu dan punya ide tentang cara mentargetnya.


          Dalam data base saya saya membuat tentang Data base Peminjaman Buku Di perpustakaan :

BUKU = { Kode_Judul, Nama_Buku, Tahun_Penerbit,Referensi }
Jenis_Buku = {Kode_Jenis, Nama_Jenis }
Karyawan = {Kode_Karywan, Nama_Karyawan, Gender, No_HP }
Kegiatan = {Tanggal_Pinjam, Tanggal_AkhirPinjam}
Mahasiswa = {Nim_Mahasiswa, Nama_Mahasiswa, Alamat}
Semester = {Kode_Semester, Semester}
Peminjaman={Kode_Peminjaman,Kode_Karyawan,Nama_Karyawan,Nim_Mahasiswa, Nama_Mahasiswa, Kode_Semester, Semester, Kode_Jeis, Kode_Buku, Nama_Buku, Alamat, Tanggal_Pinjam, Tanggal_AkhirPinjam}

          Lah di atas tersebuut adalah target table yang mau saya buat, kalian bisa berkreasi sendiri, asalkan jangan sembarangan, kalao bisa sebutuhnya table yang di buat.


          Sebelum lebih dalam lagi, kalian harus tau perintah – perintah apa saja yang dibutuhkan, berikut ini adalah perintah – perintah yang ada di Database. Di bawah ini adalah perintah – nya :

CREATE TABLE   = Digunakan untuk membuat table
INSERT INTO      = Untuk Membuat isi sebuah field
SELECT * FROM = Digunakan untuk melihat (me-Review) table yang sudah kita buat
Diatas adalah salah satu cara kita bisa membuat sebuah Database, namun kalian bisa search  perintah perintah yang ada di SQL Yog, karena masih ada banyak lagi yang lebih dari tersebut.


Langkah – Langkah :

- Bukalah XAMMP untuk men-Connect kan antara SQL dengan Xammp, kalo belum punya software teman – teman bisa download di Web Resminya ta di Google :D




-Kalau sudah di download, kalian tekan Mysql pada Xammp dan klick “Starr” 

 

 
-Kalo sudah teman – teman bisa membuaka Aplikasi SQL Yog, jika belum punya bisa di download di Web Resmi SQL ata di Google.
-Klick “Connect”


 
  -Buatlah Database baru dengan perintah “CREATE” atau bisa pada MENU Database – Create Database.

-Buatlah Table dengan cara klick kanan pada nama Database yang kita buat tadi pada windows sebelah kiri. Dengan cara “Perpustakaan_Zens – Tables- (Klick Kanan) – Create Table”

-Setelah itu isi field – filed yang sudah kita targetkan tadi, dan Selanjutnya adalah kita mengisi data data field tersebut sehingga terciptanya sebuah Database .
Berikut ini adalah perintah cara kita membuat datanya dengan perintah “INSERT INTO “ :

Table Buku, 

 Maka hasilnya seperti ini, untuk melihat bisa menggunakan perintah " SELECT * FROM nama_Table "


Table Jenis,
 untuk melihat, lakukan dengan yang sama seperti sebelumnya :D



Table Karyawan,



Table Kegiatan, 
 Khusus table ini tidak usah di isikan data, karena ini berhubungan dengan tanggal dan waktu yang ada di bawa naungan (progam system PC). so nanti otomatis


Table Mahasiswa,


Table Semester,
Table Peminjaman,









          Langkah selanjutnya adalah kita tinggal memanggil table yang sudah kita isi dengan data data, berikut ini adalah salah satu table yang akan saya perlihatkan, seperti contoh Table_Peminjaman, untuk memanggilnya, gunakan perintah " SELECT * FROM nama_table; "

Lah itulah yang bisa saya share, nantikan tutorial selanjutnya :) Makasih

Leave a Reply

Labels