Selasa, 18 Desember 2012

S.W.O.T

0 komentar
S.W.O.T adalah teknik untuk menyediaan suatu kerangka kerja untuk mengidentifikasi secara sistematis posisi suatu organisasi ata program tersebut. dalam mengerjakan sesutu pekerjaan kita harus mengetahui teori SWOT kita terlebih dahulu kalu kita kepingin emang benar benar siap ingin menjalankan sesuatu.
Tujuan
     Memisahkan masalah pokok dan memudahkan ppendekatan strategis.



Penjabaran
  •  Strengths adalah faktor - faktor yang mendukung penyelenggara program atau suatu kinerja yang diakui eksistensinya oleh semua pihak.
  • Weaknesses adalah perrmasalahan yang timbul dari penyelenggara program atau suatu pekerjaan.
  • Opportunities adalah faktor - faktor dari luar program yang bilamana di cermati dan dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi tumpuan harapan dimasa depan.
  • Threats adalah hal - hal yang harus diatasi , direbut diperbaiki dan ditingkatkan untuk pendukung kelancaran pelaksanaan tugas dalam usaha untuk mencapai sebuah tujuan.
    tantangan bukan berarti penghambat yang membuat kita putus asa, tetapi guna untuk mendorong suatu pekerjaan agar kita dapat berpikir secara kreatif dan dinamis dalam menyelesaikan tugas.

    Contoh :
        Bu Bida adalah seorang pedagang toko yang kesehariannya berjalan sembako dan jajan - jajan. Usaha yang dilakukan pleh bu Bida ini sudah cukup berkembang pesat selama 15 tahun. yang pertama kali hanya jualan jajan - jajan dan beras, hingga sekarang sampai menjual alat perlengkapan belajar, mandi, dapur dan sebagainya. Dengan berkembang pesatnya toko bu Bida, bu Bida berkeinginan membuka Toko Besar atau Minimarket yang menjual berbagai alat kebutuhan seseorang. Maka bu Bida memkai teori S.W.O.T.
   Strengths
          Bu Bida adalah pedagang tokoh yang bekerja selama 15 tahun dan berkembang pesat dalam bisnisnya merupakan suatu hal yang bisa didikan sebuah kekuatan bu Bida dalam membuka usaha Minimarket. Dan selain itu bu Bida mempunyai hubungan baik dengan Direktur Minimarket lainnya. Karena dengan usahanya yang begitu pesat, dan menghasilkan cash flow sangat baik sehingga dari ppihak bank mempercayai kapada bu Bida untuk melakukan distribusi dengan cara kredit.
   Weakknesses
          Dalam menggeluti bidang berdagang belum tentu bu Bida menguasai Toko Besar seperti Minimarket. Walaupun sama - sama Toko yang berbasis penjualan namun Minimarket lebih dominan dalam melakukan jasa dan melayani konsumen sebaik mungkin.
   Opportunities
           Karena dengan membuka peluang usaha seperti ini, bu Bida bisa memanfaatkan dan membuat usaha disekitar masyarakat yang padat. seperti di kota - kota, sekitar kampus dimana yang kebanyakan hanya di lalui para mahasiswa.
   Threats
           Dengan banyaknya para pertokohan di masyarakat merupakan persaingan  yang ketat dalam dunia perbisnisan. Dan selain itu berlomba - lomba memberi jasa pada konsumen dengan baik. Selain itu bu Bida harus bisa mempertahankan kualitas karyawan-nya mulai dari kasir, penjagaan dan lain - lainnya sehingga tidak akan tercipta citra yang buruk bagi usaha Minimarket bu Bida.
 

Leave a Reply

Labels