Jumat, 08 Maret 2013

Guna Belajar Sistem Informasi (Chapter 1)

0 komentar
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

       Hari ini saya mau cerita tentang sistem informasi (About @information System) ||(^-\^)|\ . lah dalam artikel ini bisa dikatakan materi perkuliahan saya karena saya menjumpai dengan mata kulia yang namanya System informasi. What about information System ? Teknologi informasi atau bisa di katakan dengan system informasi banyak kita temui di jurusan teknik Informatika maupun Smk yang menjurus di Informatika baik itu Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer Jaringan, dan MultiMedia. Karena system informasi sangat berpengaruh dan berperan penting bagi seseorang yang menekuni bidang Perbisnisan. lah di blog ini akan kita kupas apa sih itu system informasi baik di lihat dari segi kegunaan, macam - macam, dan cara pemakaiannya.

Apa sih System Informasi (Information System) itu?

      Dalam pembahasan ini informasi bukan hanya identik kepada komputer dan selular saja. tapi melainkan, gabungan antara teknologi Komputer dan teknologi Telekomnukasi.  secara implisit maupun eksplisit memang menjurus kesana. Dari penggabungan tersebut dapat di jabarkan seperti :
TEKNOLOGI KOMPUTER
=> Teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk alat bantu yang membantu komputer baik secara output maupun input seperti Printen, Speaker dll. dan komputer merupakan alat yang mempunya komponen dan serbaguna dalam di operasikan dan di progamkan. karena itulah para pebisnis tidak lepas dari dengan yang namnya komputer atau laptop.
TENOLOGI TELEKOMUNIKASI
     => Teknologi yang bisa berhubungan atau komunikasi dengan jarak jauh, seperti telepon maupun radio. oleh karena itu, pebisnis memanfaatkan  ini sebagai komunikasi jarak jauh antara suatu perusahaannya dengan perusahaan lainnya guna menjalankan bisnisnya.
      Jadi, dapat di simpulkan TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI taidak bisa dilepaskan karena guna untuk mencapai suatu tertentu. sehingga teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menybarkan infoormasi.

Macam - Macam System Informasi

      System informasi dapat dijabarkan bermacam - macam, seperti :
1. System Informasi Aktansi, System informasi yang menyajikan informasi yang di pakai oleh  fungsi akutansi. Sistem ini mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan di sebuah perusahaan atau organisasi.
2. System Informasi Manufaktur, Sistem informasi yang bekerja sama dengan sistem informasi lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
3. Sistem Informasi SDM, Sistem informasi yang digunakan oleh perusahaan khususnya di bagian personalia.
4. Sistem Informasi Keuangan, Sistem informasi yang menyediakan informasi pada fungsi keuangan yang menyangkut keuangan perusahaan.
5. Sistem Informasi Pemasaran, Sistem Informasi yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh fungsi pemasaran.
    jadi, hampir semua informasi penting dalam kehidupan sehingga berperan penting dalam berbagai bidang.

Kegunaan System Informasi.
  Kenapa harus belajar belajar sistem informasi ?
System informasi mengandung 5 kajian seperti : 
1.      Komputer Enggineering
2.      Ilmu Komputer
3.      Software Engineering
4.      Sistem Informasi
5.      Teknik Informatika
a          di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang terdapat yang namanya mata kuliah System Informasi karena dalam teori itu terdapat kandungan Enginering dan jiwa bisnis dalam dunia IT. Sehingga dapat di katakan dengan Manangkap (Capture), Mengelolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Manyimpan (Storage), Mancari Kembali (Rertival), dan Mentransmisi (Transmision).
             Jadi. kita memasukkan suatu informasi kemudian di kelolah dan akan menghasilkan, dan hasil itu akan disimpan lalu di kelola kembali atas kebenarannya kemudian setelah fit akan di transmisikan atau di luncurkan informasi (Input) tersebut.
      
         Begitula artikel yang bisa saya share kepada kalian kalian semua shingga artikel ini bisa memberi manfaat bagi anda dan JANGAN LUPA SHARE PADA TEMANNYA  
     
     
والسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Referensi : http://rifairiyan.wordpress.com
                       http://handzmentallist.blogspot.com

Leave a Reply

Labels