Minggu, 31 Maret 2013

Perngakat Lunak Sistem Informasi (Chapter 4)

0 komentar
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

       Halo sahabat blogger zens, saya akan sedikit cerita tentang apa sih perangkat lunak dalam sistem informasi, sebelum kita mengenal jauh tentang sistem informasi yang mengacu pada perngkat lunak, alangkah baiknya kita mengenal dahulu tentang tujuan pembelajaran kita tentang perngakat lunak ini, sehingga kita dapat mengerti kita akan kemana dan mempunyai alur yang lurus. dalam education ini, Tujuan pertama, Menjelaskan tren penting yang terjadi dalam perangkat lunak komputer. Kedua, memberikan contoh jenis utama dari perangkat lunak aplikasi dan sistem. Ketiga, menjelaskan tujuan dari beberapa paket perangkat lunak populer untuk produktivitas pengguna akhir dan komputasi kolaboratif. Keempat, Mendefinisikan dan menjelaskan fungsi dari sistem operasi. Kelima, menjelaskan penggunaan utama dari program perangkat lunak komputer, peralatan, dan bahasa.
lah itulah beberapa tujuan dari pembelajaran ini, 

Dalam memahami sebuah perangkat lunak kita harus mengetahui terlebih dahulu apa hubungan antara perangkat lunak dengan sistem informasi, hubungannya adalah Sekumpulan intruksi yang memungkinkan perangkat keras bisa memsukan data, dapat di katakan bahwa perangkat lunak ini juga berhubungan dengan hardware (Perangkat keras), karena itulah ini saling berhubungan. arti dari ini, sebuah sistem informasi akan mudah bilamana kita menhubungkan sebuah software (perangkat lunak) dalam berbagai bisnis, contoh dalam sebuah data base, kita melakukan pencarian sebuah data bilamana kita tidak memakai yang namanya software kita akan kesusahan dalam melakukan pencarian. begitu juga sebaliknya yaitu hardware, 

Oke kita langsung aja  mengenal lebih dalam tentang software Yaitu, sebuah system atau pernagkat lunak dimana dijalankan pada dekstop dan web, jadi banya pengertian tentang software. dalam software terdapat dua type, yaitu 
1. Software Aplikasi
2. Software System

1. Software Aplikasi
      yaitu Program yang melakukan pekerjaan pengolahan informasi umum untuk pengguna akhir.
Misalnya, pengolah kata, spreadsheet dan lain sebagainya,
yang termasuk Klasifikasi Software , ialah :
 -  Software Custom yaitu Software aplikasi yang dikembangkan dalam sebuah organisasi untuk digunakan oleh organisasi tersebut.
- COTS software (Commercial Off-the-shelf) yaitu Software yang dikembangkan dengan tujuan menjual perangkat lunak dalam beberapa salinan.

Dan dibawah ini adalah termasuk software yang biasanya terdapat dalam dunia maya atau biasanya di sebut dengan Web Aplication dan terdapat juga aplikasi lainnya seperti Dekstop Aplikasi, dalam menjabarkan sebuah perngkat lunak ini terdaapat juga aplikasi nya yaitu Email, Istant Messaging, Webblog atau Blog, Word Proceesing, Web Browser, Word Processing, Dekstop Publishing, Electroni Spreadsheeds, Presentasi Grafis, dan lainnya, semua itu akan saya sedikit jabarkan  dan saya definisikan sedikit sehingga anda bisa lebih mengenal.

+ Web Aplication
        - Email
yaitu software web yang sebagai pengirim, atau menerima pesan dari seseorang dengan orang lain, sehingga dapat memanfaatkan sebuah komunikasi dengan orang lain, dan dapat juga memudahkan dalam berkomunikasi tanpa adanya sealing bertemu.
        - Instan Messaging
yaitu sebuah aplikasi yang yang menerima aplikasi berbasis elektronik yang secara instan.
        - Webblog atau Blog
yaitu sebuah aplikasi web yang dimana semua user bisa menulis unek unek dan sebuah artikel (informasi) dalam sebuah dunia maya, atau biasanya yang kita jumpai yaitu seperti Koran 

+  Web Dekstopan
        - Web Browser
yaitu sebuah aplikasi dekstop yang mengantarkan kita pada dunia maya, sehingga kita bisa browsing, dan bisa juga berinteraksi dengan user lainnya.
        - Word Processing
yaitu sebuah aplikasi yang mana fungsinya untuk Membuat, mengedit, merevisi dan mencetak sebuah dokumen suatu contoh Microsof Word, Lotus Wodpro, Corel word Perfect
       - Adobe
yaitu sebuah aplikasi dimana kita bisa mengedit sebuah gambar, audio, dan membuah animasi dalam ruang lingkup buatan adobe .


Lah dalam memahami Aplikasi aplikasi diatas anda dapat memperoleh dari berbagai situs untuk mendownload secara gratis dan memperoleh banyak software lainnya secara terbuka, yang inilah dinamaka Open Source Software . sehingga user mudah menggunakan tanpa berbayar.
Keuntungannya adalah Gratis bisa menjalankan tanpa beli, bersifat terbuka, pemberian lisensi sehingga user dapat menggunakan secara optimal terhadap software tersebut, software dapat di modifikasi seperti contoh, linux, apache dan lain - lainnya, tapi pada Open Source ini akan bersifat berbayar apabila kita mengikuti sebuah pelatihan, dukungan, dokumentasi.

2. Software System
       Yaitu aplikasi yang sebagaimana statusnya adalah sebagai sistem, seperti contoh Linux, Windows, Unix, MAC OS X, Bahasa Mesin, Bahasa Asslember, Bahasa Genersi Empat, Bahasa Web dan lainnya.

      - Windows
yaitu sebuah aplikasi system yang biasanya di buat dalam komputer yang terdapat GUI, multitasking, networking, multimedia dan bersifat sistem operasi.
     - MAC OS X 
yaitu sebuah aplikasi system yang di jalankan pada tertentu seperti I Phone yang pasti menggunakan Mac, dan di Mac terdapat juga GUI, multitasking, multimedia.
     - Bahasa Mesin
yaitu  sebuah system bahasa generasi pertama yang penulisannya menggunakan kode binner (0, 1) dalam setiap komputer. dan progammer harus mengetahui operasi internal dari jenis spesifik CPU.
     - Bahasa Asslember 
yaitu bahasa generasi kedua dimana simbol - simbolnya yang digunakan untuk mewakili kode operasi dan lokasi penyimpanan. dan bahasa ini Perlu program penerjemah bahasa untuk mengubah instruksi ke instruksi mesin
     - Bahasa Generasi Keempat 
yaitu Ragam bahasa pemrograman yang nonprocedural dan percakapan. Nonprocedural > pengguna menentukan hasil yang mereka inginkan saat komputer menentukan urutan instruksi yang akan mencapai hasil tersebut.
     - Bahasa Web
yaitu sebuah sistem atau bahasa yang di jalankan dalam dunia internet. seperti contoh HTML, XML, JAVA 

     Demikian lah beberapa informasi yang saya dapat, dan semiga bermanfaat bagi kalian artikel ini saya buat bukan semata memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi tapi sebagai sarana informasi saya kepada kalian yang support, terima kasih dan jangan lupa SHARE kepada teman temannya, terima kasih.

والسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

Labels