E-Commerce atau Sistem Electronic Commerce mencakup seluruh proses online pengembangan, pemasaran, penjualan , pengiriman, pelayanan, dan pembayaran untuk produk dan jasa.
Sistem ini mengandalkan sumber dari internet, intranet, ekstranet, dan teknologi - teknologi lainnya yang mendukung setip langkah dari proses transaksi e-Commerce.
Ruang Lingkup E-Commerce saat ini kebanyakan perusahaan mengambil bagian atau mensponsori tiga kategori dasar aplikasi e-Commerce:
- B2C (Bussiness-to-Commerce)
- B2B (Bussiness-to-Bussiness),dan
- C2C (Consumer-to-Consumer)
Esensi e-Commerce
Trend e-Commerce
E-Commerce B2C
Khususnya bisnis yang menjual produk dan jasa ke konsumen pada website e-commerce yang menyediakan
halaman
Web yang menarik,
katalog
multimedia, proses pemesanan yang interaktif, sistem pembayaran elektronik yang aman, dan dukungan kustomer secara online.
E-Commerce B2B
Aplikasi e-commerce B2B yang melibatkan
katalog
elektronik,
pertukaran,
dan
pangsa
pasar pelelangan yangmenggunakan website dan portal Internet,intranet dan ekstranet untuk menyatukan pembeli dan penjual.
Banyak portal e-commerce B2B dibangun
dan
dioperasikan untuk berbagai industri oleh perusahaan pihak ketiga marker-marker yang disebut infomediaries, yang mana boleh mewakili konsortium dari perusahaan utama.
·E-commerce
B2B juga
meliputi
aplikasi
seperti
pertukaran
data elektronis,
yang mana
secara
otomatis
melakukan
pertukaran
dokumen
bisnis
di Internet.
FAKTOR FAKTOR KESUKSESAN E-COMMERCE
- Pemilihan dan Nilai. Pemilihan produk yang menarik, harga yang kompetitif, jaminan kepuasan dan dukungan terhadap kustomer setelah mereka membeli.
- Dayaguna dan Layanan. Cepat, navigasi yang mudah, berbelanja, dan pembelian, dan pengiriman barang dengan segera.
- Lihat dan Rasakan (Look and Feel). Web yang menarik, area website untuk berbelanja, halamnan katalog produk multimedia, dan fitur-fitur berbelanja.
- Iklan dan Insentif. Penargetan iklan halaman web dan promosi lewat email, diskon dan penawaran khusus, termasuk iklan pada situs afiliansi.
- Perhatian secara Pribadi. Halaman Web pribadi, merekomendasikan produk yang sesuai dengan selera, iklan Web dan pemberitahuan melalui email, dan dukungan interaktif untuk semua kustomer.
- Hubungan Komunitas. Komunitas virtual untuk kostomer, suplier, perusahaan representatif dan lainnya via newsgroup, ruang chat, dan link ke situs yang berhubungan.
- Keamanan dan Dapat Dipercaya. Keamanan informasi kustomer, transaksi melalui website, informasi produk yang terpercaya, dan penyelesain pengiriman yang dapat dipercaya.