Rabu, 03 April 2013

Sistem Electronic Commerce (Chapter 8)

0 komentar
        Halo sahabat Blogwalking saya Eko ingin mengabarkan kalau saya ada sedikit ilmu tentang E-Commerce atau Sistem Electronic Commerce. kalau orang dalam bidang IT pasti sedikit pernah mendengar dong. Apa sih E-Commerce itu?


         E-Commerce atau Sistem Electronic Commerce mencakup seluruh proses online pengembangan, pemasaran, penjualan , pengiriman, pelayanan, dan pembayaran untuk produk dan jasa.
        Sistem ini mengandalkan sumber dari internet, intranet, ekstranet,  dan teknologi - teknologi lainnya yang mendukung  setip langkah dari proses transaksi e-Commerce.
        Ruang Lingkup E-Commerce saat ini  kebanyakan perusahaan mengambil bagian atau mensponsori tiga kategori dasar  aplikasi e-Commerce:
  1. B2C (Bussiness-to-Commerce)
  2. B2B (Bussiness-to-Bussiness),dan
  3. C2C (Consumer-to-Consumer)
Teknologi e-Commerce.



Esensi e-Commerce


Trend e-Commerce
E-Commerce B2C

        Khususnya bisnis yang menjual produk dan jasa ke konsumen pada website e-commerce yang menyediakan halaman Web yang menarik, katalog multimedia, proses pemesanan yang interaktif, sistem pembayaran elektronik yang aman, dan dukungan kustomer secara online. 
 E-Commerce B2B 
      Aplikasi e-commerce B2B yang melibatkan katalog elektronik, pertukaran, dan pangsa pasar pelelangan yangmenggunakan website dan portal Internet,intranet dan ekstranet untuk menyatukan pembeli dan penjual.
    Banyak portal e-commerce B2B dibangun dan dioperasikan untuk berbagai industri oleh perusahaan pihak ketiga marker-marker yang disebut infomediaries, yang mana boleh mewakili konsortium dari perusahaan utama.   
     ·E-commerce B2B juga meliputi aplikasi seperti pertukaran data elektronis, yang mana secara otomatis melakukan pertukaran dokumen bisnis di Internet. 
FAKTOR FAKTOR KESUKSESAN E-COMMERCE
  1. Pemilihan dan Nilai. Pemilihan produk yang menarik, harga  yang kompetitif, jaminan kepuasan dan dukungan terhadap kustomer setelah mereka membeli.
  2. Dayaguna dan Layanan. Cepat, navigasi yang mudah, berbelanja, dan pembelian, dan pengiriman barang dengan segera. 
  3. Lihat dan Rasakan (Look and Feel). Web yang menarik, area website untuk berbelanja, halamnan katalog produk multimedia, dan fitur-fitur berbelanja.
  4. Iklan dan Insentif. Penargetan iklan halaman web dan promosi lewat email, diskon dan penawaran khusus, termasuk iklan pada situs afiliansi.
  5. Perhatian secara Pribadi. Halaman Web pribadi, merekomendasikan produk yang sesuai dengan selera, iklan Web dan pemberitahuan melalui email, dan dukungan interaktif untuk semua kustomer.
  6. Hubungan Komunitas. Komunitas virtual untuk kostomer, suplier, perusahaan representatif dan lainnya via newsgroup, ruang chat, dan link ke situs yang berhubungan.
  7. Keamanan dan Dapat Dipercaya. Keamanan informasi kustomer, transaksi melalui website, informasi produk yang terpercaya, dan penyelesain pengiriman yang dapat dipercaya. 

Leave a Reply

Labels