Selasa, 23 April 2013

Sistem Bisnis Elektronik (Chapter 7)

0 komentar
        Hay sahabat blogwalking bertemu dengan saya, sekarang saya mau sedikit share lagi ilmu yang sedikit saya dapatkan :D . Apa sish yang kalian tahu tentang  Sistem Bisnis Enterprise ?

Sistem Bisnis Enterprise adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusaahan seperti perusahaan di bidang manufaktur maupun jasa yang berperan untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan yang bersangkutan. Ini berarti bahwa sistem ini nantinya akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi,manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

APLIKASI CROSS-FUNCTIONAL ENTERPRISE SYSTEM
        Sistem Lintas Fungsi Perusahaan atau yang lebih dikenal dengan Cross-Functional Enterprise System adalah sistem informasi yang melintas batas berbagai area fungsional suatu bisnis agar dapat mengintegrasikan serta mengotomatisasikan proses bisnis.
      Salah satu aplikasi dari Cross-functional Enterprise System adalah Customer Relationship Management (CRM). Customer Relationship Management (CRM) merupakan aplikasi yang mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses pelayanan pelanggan dalam penjualan, pemasaran langsung, account and order management, dukungan dan pelayanan pelanggan.
       Solusi CRM menyediakan fungsi-fungsi yang meliputi banyak hal untuk dapat mengatur, merencanakan dan membuat laporan di seluruh lingkup bidang penjualan, diantaranya:
1. Penambahan dan perubahan informasi mengenai pelanggan.
2. Mengakses data penjualan pelanggan dan data mengenai harga barang yang telah diberikan.
3. Mengakses data status mengenai keuangan pelanggan yang terakhir.
4. Mendeteksi dan memprediksi seluruh peluang-peluang sesuai dengan jalurnya.
5. Secara otomatis dapat menginformasikan daftar calon-calon pelanggan yang berpotensi.
6. Mendapatkan informasi yang kompetitif.

         Mulai dari tahap penawaran barang sampai dengan membuat order penjualan dan pemenuhan order, CRM memberikan fungsifungsi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan tingkat efisiensi kemampuan penjualan, seperti:
1. Memberikan penawaran dan melakukan kalkulasi penjualan;
2. Menjanjikan pengiriman barang;
3. Mengentry order penjualan;
4. Memproses pengembalian barang.

INTEGRASI APLIKASI ENTERPRISE (Enterprise Application Integration, EAI)
      Integrasi Aplikasi Enterprise adalah perangkat lunak/sorftware yang menggunakan prinsip-prinsip arsitektur sistem komputer untuk satu set komputer aplikasi dalam suatu perusahaan. Keuntungan :
1. Mengakses sistem informasi secara real time.
2. Meningkatkan organisasi dan proses bisnis yang mendukung.
3. Memudahkan pengembangan kegiatan perusahaan.
Kekurangan :
1. Biaya pembangunan terlalu tinggi, terutama untuk usaha kecil dan menengah (UKM).
2. EAI dalam pelaksanaannya memerlukan waktu yang lama dan banyak sumber daya.
3. Memerlukan banyak tenaga professional.

SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI
        Sistem pemrosesan transaksi (SPT) atau yang lebih dikenal dengan nama Transaction Processing Systems adalah bentuk sistem informasi yang berfungsi merekam semua aktivitas/kejadian di dalam perusahaan. meliputi mencatat data, memproses data dan menghasilkan informasi baku atau standart.
       Sistem pemrosesan transaksi hampir selalu dimiliki oleh suatu perusahaan, organisasi, instansi pemerintah karena di dalam suatu perusahaan atau organisasi, transaksi selalu terjadi dan setiap transaksi yang terjadi harus dicatat.

Model Sistem Pemrosesan Transaksi :
  1. Perangkat input dapat terdiri atas berbagai alat, meliputi komputer, palmtop (PDA), semua jenis telpon dan facsimile.
  2. Perangkat pemroses terdiri atas program komputer (yang bisa dipasang di dalam mesin ATM, komputer atau perangkat sejenis).
  3. Perangkat keluaran meliputi berbagai jenis monitor (yang dapat menampilkan gambar atau tulisan), speaker (untuk menampilkan informasi berbentuk suara atau pesan) atau printer (untuk mencetak berbagai informasi yang perlu disimpan dalam jangka waktu lebih lama).
  4. Berbagai bentuk dokumen yang digunakan untuk menyampaikan berbagai bentuk informasi kepada manajemen dan pihak lain
      yang memerlukan informasi. Sudah tentu masing-masing pihak yang berkepentingan dengan perusahaan memerlukan informasi yang berbeda-beda, sehingga harus diberi informasi yang sesuai
saja.
Tujuan sistem pemrosesan transaksi:
1. Mencatat setiap transaksi yang terjadi.
2. Mempercepat proses yang terjadi di dalam suatu perusahaan.
3. Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu.
4. Meningkatkan kinerja dan layanan perusahaan.

SISTEM KOLABORASI ENTERPRISE
        Sistem kolaborasi enterprise (enterprise collaboration system) atau sistem kerja sama perusahaan adalah sebuah sistem yang menggunakan komunikasi elektronik, konferensi dan alat kerja sama untuk mendukung dan meningkatkan kerja sama antar tim dan kelompok kerja.

SISTEM BISNIS FUNGSIONAL
        system informasi yang ditujukan untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan kepada kelompok orang yang berada pada bagian tertentu dalam perusahaan.

Berbagai Macam Aplikasi Dalam Sistem Bisnis Fungsional : 
1. Sistem Pemasaran
        system informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi pemasaran. Sistem ini mendukung keputusan yang berkaitan dengan pembauran pasar (marketing mix), yang
mencakup:
  • Produk (barang dan jasa) yang perlu ditawarkan.
  • Tempat yang menjadi sasaran pemasaran.
  • Promosi yang perlu dilakukan.
  • Harga Produk.
2. Sistem Manufacturing
  • MRP atau Material Requirement Planning adalah Sebuah system software yang berkemampuan mengintegrasi beberapa system informasi yang berkaitan dengan produksi guna menyesuaikan dengan jadwal produksi secara otomatis.
    Fungsi utama system MRP adalah memperbaiki system persediaan dan system penjadwalan produksi agar menghasilkan informasi yang akurat dan mutakhir guna keperluan manajemen produksi.
  • MRP II atau Manufacturing Resources Planning adalah Sebuah system software komputer yang lebih mutakhir, yang bukan hanya meliputi manajemen pesediaan dan penjadwalan produksi, tetapi juga melingkupi dan mengintegrasikan perencanaan produksi dengan proses perencanaan keuangan.
    Fungsi utama system MRP II adalah memberikan kemudahan dengan mengintegrasikan system manajemen persediaan material dan system penjadwalan produksi sebagai system yang terpadu dan menjadikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan manufacturing sebagai jaringan informasi interaktif.
MANFAAT BISNIS ELEKTRONIK

1. Bagi organisasi
  • Memperluas pasar
  • Menekan biaya kertas
  • Terwujudnya spesialis bisnis
  • Menekan biaya sediaan dan produksi
  • Dapat menerapkan kostumisasi produk
  • Menekan waktu pembayaran dan penerimaan produk
  • Meningkatkan produktivitas
  • Menekan biaya telekomunikasi
2. Bagi konsumen
  • Kesempatan transaksi lebih luas dan tak kenal waktu
  • Memberikan pilihan produk dan pemasok lebih banyak
  • Memungkinkan memperoleh produk lebih murah
  • Pengiriman lebih cepat (real time)
  • Memperoleh informasi produk lebih cepat
  • Memungkinkan pelanggan dapat berinteraksi
3. Bagi masyarakat luas
  • Memungkinkan berbisnis dari rumah
  • Beberapa barang bisa dijual lebih murah
  • Memperoleh layanan yang mudah untuk diwujudkan
  • Penyampaian jasa publik dapat dinikmati masyarakat
REFERENSI :
- Syahidus Zaman, M.Kom
- industri.kontan.co.id

Leave a Reply

Labels