Kamis, 04 April 2013

Data Resource Management (Chapter 5)

0 komentar
      Hi sahabat zens, maaf telah menunggu :), bagaimana kabar para blogwalking malang sekarang? semoga baik - baik saja yah. hehehe oke sya akann sedikit menerangkan Data Resource Management. Meskipun saya tidak lebih mengenal apa yang di maksud dengan Data Resource Management, and tak perlu kwatir nanti pasti saya sertakan dengan materi dan anda bisa mendownloadnya dan anda perlu sedikit pengetahuan tentang Bahsa Inggris, soalnya artikel yang dimuat di PPt saya ini di dapat dari dosen saya dan penuh dengan baasa inggris. sebelum menginjak terlebih dahulu hendaaknya kalian bisa terlebih dahulu kemana tujuannya kalian tersebut yaitu Pertama, Menjelaskan nilai bisnis dari sumber data penerapan manajemen proses dan teknologi dalam sebuah organisasi. Kedua, Mengambil garis keuntungan dari pendekatan manajemen database untuk mengelola sumber daya data dari sebuah bisnis, dibandingkan dengan pendekatan pengolahan file. Ketiga, Menjelaskan bagaimana perangkat lunak database manajemen membantu para profesional bisnis dan mendukung operasi dan manajemen bisnis. Keempat, Memberikan contoh untuk menggambarkan masing-masing konsep berikut:
   - Mayor jenis database
   - Data warehouse dan data mining
   - Logical elemen data
   - Fundamental basis data struktur
   - pengembangan database

oke tida banyak berpanjang lebar saya akann menjelaskan apa sih Data Resource Management itu? diperlukan juga teknik dasar basis data, yaitu kumpulan data yang saling berhubungan (relasi) sehingga bisa memudahkan server dalam membaca akun User. Relasi biasanya ditunjukan dengan kunci dari tiap file yang ada. Dalam satu file terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan direkam dalam satu record.

Adapun prinsip yang paling penting dalam basis data yaitu mengatur data dengan tujuan utama fleksibel dan kecepatan dalam pengambilan data kembali, dan mempunyai tujuan tersendiri basis data tersebut, yaitu :
a. Efisiensi yang meliputi speed, space dan accurancy
b. menangani data dalam jumlah besar
c. Kebersamaan pemakaian (Sharebility)t
d. Meniadakan duplikasi dan inkonsistensi
e. Memudah sarver dalam mengaksesnya

Secara fundamental, data terdapat 1. Karakter  - Single alphabetic, angka, dan simbol lain, 2. Field - Kumpulan dari karakter seperti Salary, 3. Data  atau Item - Gabungan dari banyak field seperti payroll record dengan nama, SSN dan rate of pay, 4. Record, File or Table Kelompok record yang berhubungan, 5. Database - Elemen-elemen data yang berhubungan secara logis yang dihubungkan

Sistem Basis Data merupakan perpaduan antara basis data dan sistem manajemen basis data (SMBD). komponen - Komponen sistem ini meliputi :
1. Hardware (Perangkat Keras) yaitu sebagai pendukung operasi pengelolahan data.
2. Sistem Operasi (Operating System) guna untuk mengelolah basis data.
3. Basis Data sebagai inti dari sistem basis data.
4. Sistem Manajemen Basis Data.
5. User
6. Aplikasi Lainya

Dalam Data Base terdapat beberapa Struktur - strukktur yaitu ;
- Hirarki
- Network
- Relational
- Object Oriented
- Multidimensional

Referensi :
- Slide premateri oleh Syahiduz Zaman M..Kom
- http://gozarago.blogspot.com
- http://12650035-si.blogspot.com

Leave a Reply

Labels